January 6, 2023

MudBlazor Chart Component Pada Blazor

Chart atau grafik adalah representasi grafis untuk visualisasi data, di mana data diwakili oleh simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis dalam bagan garis, atau irisan dalam bagan pai. Chart sering digunakan untuk memudahkan pemahaman tentang sejumlah besar data dan hubungan antara bagian-bagian data. 

Grafik biasanya dapat dibaca lebih cepat daripada data mentah. Mereka digunakan dalam berbagai bidang, dan dapat dibuat dengan tangan (seringkali di atas kertas grafik) atau dengan komputer menggunakan aplikasi charting. 

Jenis chart tertentu lebih berguna untuk menyajikan kumpulan data tertentu daripada yang lain. Misalnya, data yang menyajikan persentase dalam kelompok yang berbeda (seperti "puas, tidak puas, tidak yakin") sering ditampilkan dalam diagram lingkaran, tetapi mungkin lebih mudah dipahami jika disajikan dalam diagram batang horizontal.

Pada MudBlazor komponen chart disebut dengan nama “MudChart“. Terdapat 4 jenis chart yang tersedia pada MudBlazor, yaitu Bar, Donut, Line dan Pie chart.

Sebelum memulai latihan-latihan pada artikel ini, pastikan telah menyelesaikan latihan-latihan pada artikel sebelumnya yang dapat dilihat disini (http://junindar.blogspot.com/2022/10/mudblazor-input-component-pada-blazor.html), (http://junindar.blogspot.com/2022/12/mudblazor-input-component-pada-blazor.html) dan (http://junindar.blogspot.com/2022/12/mudblazor-input-component-picker-pada.html).



Untuk artikel selengkapnya dapat di download disini. Sedangkan untuk memudahkan dalam memahami isi artikel, maka penulis juga menyertakan dengan full source code project latihan ini, dan dapat di download disini.

Terima kasih

Wassalam


No comments: