February 26, 2020

Create, Read, Update dan Delete (CRUD) Pada BLAZOR



Blazor adalah Web Framework yang bersifat Open Source dimana aplikasi Web yang bersifat client-side interactive dapat dikembangkan dengan menggunakan .Net (C#) dan HTML. Pada saat ini C# biasa digunakan untuk melakukan proses back-end dari aplikasi web. Dengan menggunakan fitur baru dari ASP.NET Core yaitu Blazor, kita dapat membangun interactive WEB dengan menggunakan C# dan .NET . Code .Net berjalan pada WebAssembly, yang artinya kita dapat menjalankan “NET“ didalam browser (Client) tanpa harus menginstall plugin seperti Silverlight, Java mapun Flash.



Disarankan untuk membaca dan menyeselesaikan latihan pada artikel sebelumnya http://junindar.blogspot.com/2020/02/pengenalan-blazor.html. Pada artikel ini tidak menjelaskan apa itu blazor dan cara membuat project dengan menggunakan template blazor pada Visual Studio.


Artikel ini akan focus bagaimana melakukan proses CRUD pada blazor dengan menggunakan EF Core. Untuk mengetahui penggunaan EF Core silahkan mengikuti telerbih dahulu pembahasan EF Core pada Ebook ini. http://junindar.blogspot.com/2019/10/aspnet-core-mvc-membangun-aplikasi-web.html
Untuk artikel selengkapnya dapat di download disini.  Sedangkan untuk memudahkan dalam memahami isi artikel, maka penulis juga menyertakan dengan full source code project latihan ini, dan dapat di download disini.

3 comments:

Candra said...

Artikel pdf jg blm bs bisa didownload di ilmukomputer.org

Junindar, MVP said...

sudah bisa didownload kembali..
thanks

candra said...

thanks mantaff