January 16, 2019

XAMARIN ANDROID : Bekerja Dengan Expandable ListView

Sebelum memulai latihan pada artikel ini, disarankan untuk terlebih dahulu membaca dan membuat latihan pada artikel sebelumnya yang bisa didapatkan disini.
Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana bekerja dengan Expandable ListView pada aplikasi android dengan menggunakan Xamarin. 
ExpandableListView adalah widget yang fungsinya hampir sama dengan ListView yang telah dijelaskan sebelumnya. Perbedaan dari kedua widget ini adalah, pada ExpandableListView terdapat fungsi expand dan collapsible data. Hal ini berguna jika kita mau mengelompokkan data sesuai dengan groupnya. 
Sebagai contoh pada latihan ListView yang sebelumnya kita memiliki data daftar makanan, kalau kita lihat disetiap item terdapat Size/ukuran dari makanan. Untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi atau mencari daftar makanan, kita dapat melakukan group makanan berdasarkan size/ukuran dari makanan tersebut. 
Jadi untuk menggunakan ExpandableListView kita memerlukan layout untuk header sebagai group dari daftar makanan. Pada ExpandebleListView kita juga akan menggunakan custom Adapter, dengan melakukan inherits ke “BaseExpandableListAdapter”.
Jika pada BaseAdapter hanya terdapat 4 method saja, maka pada BaseExpandableListAdapter terdapat 10 method yang harus dibuat setelah kita melakukan inherits. Untuk memudahkan dalam membahas widget ini, kita akan melakukan latihan membuat screen yang menggunakan ExpandableListView.
Untuk artikel selengkapnya dapat di download disini.  Sedangkan untuk memudahkan dalam memahami isi artikel, maka penulis juga menyertakan dengan full source code project latihan ini, dan dapat di download disini.



No comments: