February 3, 2014

Membuat Aplikasi Dynamic Provider Database Menggunakan VB 11


ADO.NET adalah NET Library yang digunakan untuk pengaksesan data dengan menyediakan kumpulan class-class yang tergabung dalam beberapa namespace. Namespace adalah pengelompokkan secara logic class-class kedalam nama tertentu. Dan setiap database memilki namespace tersendiri. Contoh untuk MS Access menggunakan “System.Data.OleDb” dan untuk SQL Server menggunakan “System.Data.SqlClient”. Terdapat beberapa class didalam namespace tersebut.

System.Data.OleDb
System.Data.SqlClient
OleDBConnection
SqlConnection
OleDbCommand
SqlCommand
OleDbDataReader
SqlDataReader
OleDbDataAdapter
SqlDataAdapter

Untuk memanggil namespace tersebut menggunakan keyword “Imports”. Seperti “Imports System.Data.OleDb” atau “Imports System.Data.SqlClient”. Jadi yang harus diperhatikan disini adalah, setiap mengubah database kita harus mengubah namespace dan class-class yang terdapat pada namespace tersebut.
Ini akan menjadi masalah dimana pada kemudian hari, aplikasi yang kita buat terjadi pergantian DBMS karena alasan tertentu. Jika aplikasi yang dibuat berskala besar ini merupakan pekerjaan besar bagi developer.

Lalu sebagai developer yang handal, kita harus sudah memikirkan hal ini sebelum aplikasi dibuat. Yaitu dengan membuat aplikasi yang “tahan banting” jika hal yang saya sebutkan diatas terjadi. Lalu bagaimanakah solusi untuk hal ini, tanpa harus mengganti code yang telah kita buat. Solusi nya adalah dengan membuat generic data access agar aplikasi tidak bergantung hanya dengan satu DBMS. Pada .NET Framework kita dapat menggunakan namespace “System.Data.Common” untuk membuat generic data access. Untuk mengetahui lebih lanjut, saya akan menjelaskan bagaimana membuat aplikasi dengan menggunakan generic data access. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Untuk artikel dapat didownload disini
Sedangkan untuk Project dapat didownload disini.

Wassalam...

4 comments:

decky canser said...

Setelah lulus kuliah, lama gak berkunjung disini. lanjutkan mas junindar

Novryssa Raliani said...

mas, bisa bantu saya dengan vb 2010?
saya membuat program sederhana dengan vb 2010, tidak ada error dan programnya baik2 saja ketika di debug lewat vb 2010 nya, tetapi ketika .exe nya di run tanpa buka vb nya itu muncul message2 error.. saya gak tau kesalahan sintaknya di mana.. tolong bantu saya.. terimaksih sebelumnya..

decky canser said...

Mba novryssa raliani. mungkin ada beberapa file seperti gambar yg belum di include pada setup. Atau ada database nya, waktu buat file installer harus di include semua, seperti dotnetframework-nya, crystal report, sql server dsb.

Belajar Visual Basic said...

Nice info, i enjoyed your site,