November 17, 2008

Step By Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net (10)


Artikel kali ini yang penulis buat tidak mengenai pemograman dengan Vb.net, yang seperti biasa nya penulis buat. Tapi kali bagaimana cara kita memperbaiki Visual Studio kita ketika mengalami error. Penulis Pernah ga mengalami error message seperti ini “Library Not Registered”, ketika mau membuat Project baru ,form, class dan sebagainya… Kenapa hal itu bisa terjadi ? Seperti yang penulis baca di http://support.microsoft.com/kb/823244 karena pada saat kita membuat setup project, kita memasukkan file Extensibility dan VSLangProj, kemudian kita install ke PC kita. Dan ketika kita remove program tersebut dari PC, lalu kita mau membuat project baru maka error “Library Not Registered” muncul.
Lalu apakah yang akan kita lakukan???? Sebenarnya ini merupakan pengalaman penulis ketika menghadapi error seperti ini, dengan segala macam cara penulis lakukan untuk memperbaiki Visual Studio penulis.Disini penulis akan menceritakan bagaimana tahap yang penulis lakukan untuk memperbaikinya..
Setelah melakukan pencarian dengan google, penulis menumukan solusi dari Microsoft dengan link diatas. Tapi penulis sangat kaget karena harus Repair atau ReInstal VS.Net. Tapi Itu bukan solusi yang menarik dan baik bagi penulis..Setelah sedikit kecewa dengan solusi yang diberikan oleh microsoft, maka penulis berusaha mencari lagi solusi lain, yaitu dengan cara Register ulang file vcproj.dll (regsvr32.exe "C:Program FilesMicrosoft Visual Studio .NET 2003Vc7vcpackagescsproj.dll"). wah penulis sangat bahagia karena ada cara yang sangat gampang untuk memperbaiki.Tetapi setelah melakukan hal diatas penulis mendapatkan pesan seperti ini "Load Library (regsvr32.exe "C:Program FilesMicrosoft Visual Studio .NET 2003Vc7vcpackagescsproj.dll") failed-The specified module could not be found", lalu penulis mencoba melakukan pencarian file tersebut (csproj.dll) didalam folder, ternyata file tersebut tidak ada.Menurut penulis mungkin hilang sewaktu penulis UnInstall program, lalu penulis mencari file tersebut di internet, syukur alhamdulillah penulis mendapatkan nya. Lalu file tersebut di copy kedalam folder dan ulangi register file, dan........................................
Pesan yang sama muncul seperti diatas, penulis sangat kecewa dan kecewa..Akhir nya udah mentok ya seperti emang harus di Repair VS.Net nya. Lalu penulis melakukan Repair VS.Net yang ada di PC, setelah memakan waktu 5-10 menit, Restart PC lalu buka VS.Net dan buat project apa yang terjadi “LIBRARY NOT REGISTERED“ yang muncul. Semakin putus asa, penulis melakukan searching dimana-mana tapi solusi nya selalu sama saja Register csproj.dll.Dengan prasaan yang putus asa penulis akhirnya memutuskan langkah terakhir yaitu dengan ReInstall.. Penulis UnInstall VS.Net lalu Reboot, Install lalu ReBoot. Lumayan memakan waktu yang lumayan. Akhirnya selesai juga, dengan prasan PEDE penulis buka aplikasi dan buat project baru TETAPI hal paling penulis takutkan muncul lagi yaitu muncul kalimat yang paling penulis takutkan di waktu-waktu ini “LIBRARY NOT REGISTERED“. Betapa kagetnya ketika melihat hal tersebut, sepertinya ini akan menjadi pekerjaan yang paling di takutkan yaitu dengan cara Intall OS…. Wahh TIDAKKKKKKKKKKKKKK…..
Lalu dengan prasaan yang tidak semangat penulis mencoba mencari lagi solusi dengan melakukan pencarian dengan google, penulis tidak tau sudah sampai page ke berapa akhir nya penulis membuka sebuah link, yang memberikan solusi dengan mengisntall Windows Script 5.6, lalu hal tersebut pun penulis lakukan, setelah melakukan proses install yang Cuma 1 menit, lalu Reboot. Maka dengan prasaan yang tidak yakin penulis mencoba membuat project baru, lalu apa yang terjadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, ternyata dan tak pernah penulis duga project tersebut berhasil dibuat.. itu berarti tidak ada error lagi pada VS.Net penulis..
Sebenarnya dengan sengaja penulis menerangkan dengan panjang lebar solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, karena itu lah yang penulis alami.. penulis juga pengen para pembaca juga ikut merasakan apa yang penulis alami.. J J J..Semoga Artikel-artikel tentang VB.Net ini masih tetap saya tulis, seiring dengan berkembangnya ilmu yang saya miliki. Aminnnnnnnnnnnnnnnn

3 comments:

Anonymous said...

keren deh,mas bisa terangin tahap-tahap bikin setupnya donk

Junindar, MVP said...

kalau boleh tau setup apa ya mas...
kalau setup project, ada tuch video tutorial nya

Anonymous said...

mas junindar,saya juga mengalamai hal yang sama..bahkan setelah format window, masih tetap nggak bisa create project baru...dan saya mencoba mengikuti link yang mas junindar berikan...tapi yang saya dapatkan windows script 5.7, setelah saya install, probleam yang saya alami masih belum terselesaikan...(saya tidak dapat create project baru!)..
setiap saya mau create project baru di vb.net 2005 muncul pesan error berikut "The filename, directory name, ov volume label syntax is incorrect.(Exception from HRESULT:0x8007007B)"...kira2 permasalah nya di mana ya mas???...