January 21, 2011

Mengoptimalkan Feature SQL 2008 Dengan Visual Basic 10 (Table Value Parameters)


Wahhhhh sudah lama sekali saya tidak membuat artikel-artikel seperti ini lagi. Hmmm ini di karenakan kesibukan saya dalam membuat ebook, buku dan event-event offline untuk komunitas.
Sekarang saya ingin menjelaskan bagaimana mengoptimalkan salah satu fitur baru pada SQL 2008 dengan VB 10. Fitur tersebut adalah Table Value Parameters.  Apa sich kelebihan fitur ini?? Dengan adanya fitur ini kita dapat mengirimkan variable suatu table yang berbentuk parameter ke stored procedure. Lalu apa fungsinya???
Dengan adanya fitur ini, kita dapat melakukan multiple insert tanpa melakukan pengulangan. Wauuu, ini fitur yang luar biasa, jika pada versi sebelumnya untuk melakukan hal ini, kita harus melakukan koneksi ke Database berkali-kali, sesuai dengan pengulangan yang di inginkan. Dan hal ini tentu menyebabkan performa aplikasi maupun server menjadi jelek. Sudah tidak sabar, ikuti aja langkah-langkah dibawah ini.. J 
Untuk mendapatkan artikel lengkapnya silahkan download disini dan source code disini..
Wassalam

2 comments:

Anonymous said...

pak...mw tanya punya code print ke pdf dari datagrid g??kalo punya tolong beritahukan saya ke email finaspartacus@yahoo.com..trimakasih bnyak. blog anda sungguh membantu saya.

Anonymous said...

pak, kalo saya coba tutor yang diatas data memang bisa masuk semua ke database, masalah yang muncul adalah trigger untuk stock(misal) tidak dapat diupdate semua (hanya satu baris saja), apakah ada cara yang harus ditambahkan saat pembuatan trigger agar data bisa terupdate semua? Terima kasih