November 17, 2008

STEP BY STEP MENJADI PROGRAMMER HANDAL DENGAN VB.NET (5)


Pada artikel sebelumnya, kita telah membuat program untuk mentransfer data dari Excel ke Access table. Dan pada artikel yang ke 5 ini, penulis mengajak pembaca untuk bermain dengan txt dan csv (comma-separated values) file. Pada artikel ini hampir sama saja, kita akan membuat program mengimport data dari txt / csv file lalu di insert kedalam Access Table.Tetapi pada step ini, cara yang di gunakan berbeda dengan step sebelumnya.
Mengingat kembali pada artikel sebelumnya. Untuk mentransfer data, kita melakukan nya baris demi baris . Jadi jika jumlah baris (row) nya sangat banyak maka waktu yang di butuhkan juga lebih panjang durasinya. Tetapi pada artikel ini kita akan mentransfer seluruh data secara langsung. Dan durasi yang di pakai untuk ini jauh lebih singkat, dan caranya pun lebih mudah. Eksperimen yang dilakukan penulis dalam mentransfer data yang berjumlah 100.000 baris, penulis dapat melakukan kurang dari 1 menit. Wauuuuuuuuu, waktu yang sangat fantastis bukan.
Untuk mendownload artikel lengkapnya klik disini
program lengkap juga dapat di download disini
Semoga bermanfaat
Wassalam

1 comment:

Unknown said...

halo mas, saya udah coba program yang ini. cuma pas di viewdatadaritext nya kok hasilnya satu baris data ditampilkan dalam 1 field saja padahal harus 2 field di datagridnya. kenapa mas yah. saya pake vb.net 2010.