May 18, 2010

E-book (Membuat Aplikasi Interaktif dengan Visual Basic 2010 dan MS Access 2010)


Seperti yang kita ketahui bahwa VS 2010 telah di luncurkan pada bulan April yang lalu. Bagi para penggemar Visual Basic versi yang terbaru dalam Visual Studio 2010 adalah VB 10. Banyak fitur-fitur yang menarik dan sangat membantu bagi para programmer. Dan juga dalam waktu dekat ini Microsoft juga akan meluncurkan Ms Office 2010 yang didalam nya terdapat Ms Access yang dapat kita jadikan database pada aplikasi yang akan kita buat.
Tapi apakah kita semua sudah tau akan kelebihan-kelebihan dari 2 produk diatas (VB 10 dan Ms Access 2010). Jika pada belum tau untuk apa kita harus pindah ke 2 produk diatas, apa hanya ikut keren-kerenan saja ????
Pada hari ini saya telah menyelesaikan sebuah buku yang dibagikan secara Cuma-Cuma buat para penggemar vb.net, dimana buku ini akan menjawab pertanyaan diatas, yaitu membahas fitur-fitur baru pada VS 2010, Vb 10 dan MS Access 2010. dilanjutkan dengan memandu para pembacanya untuk membuat aplikasi dengan Ms Access 2010 sebagai database nya.
Mungkin ada pertanyaan, bagaimana jika saya pemula? Buku ini akan memandu para pembaca nya secara detail bagaimana membuat aplikasi dengan VB 10 dan Ms Access, dimulai dengan membuat project, menambah class dan di ikuti dengan membuat database, membuat table dan query.
Penasaran??? Download aja buku ini disini atau disini
Dan source code dari project yang dibahas disini. atau disini
Berikut gambar dari beberapa form pada project yang dibahas..
Wassalam,....

79 comments:

Arief Nik said...

wah keren nih mass.. sayang aku gak punya office 2010 jadi coba tak convert ke mysql dulu...

thanks atas tutornya... terus berkarya yah..

Arief

decky said...

lama gk posting ternyata mas junindar sibuk bikin ebook,xixixiixi
ditunggu ebook berikutnya

Komputer Teknologi said...

makasih banget nih mas junindar, perlu banyak belajar nih sama mass untuk vs .net

rohim said...

thx banget mas bukunya,,, ijin ya nanti saya share ke mahasiswa/i dikampus

Newbie C# said...

Mantap.. Bisa tolong buat untuk versi C# gan..

Thanks ya..
Ricky

Junindar, MVP VB said...

Wahh saya ga maen di C#, tgl di convert aja code nya :)

eQ said...

ma kasih banyak mas jun, tutornya sangat bermanfaat sekali, tp sayangnya saya ga' punya vs.2010, jd ga' bisa buka aplikasinya. :'(

Junindar, MVP VB said...

download aja yang express

eQ said...

mungkin mas jun ada refrensi saya harus download kemana gitu, biar lebih cepet tp datanya valid?...
*/ maklumlah mas koneksi inetnya pake modem usb yg biasa2 aja :-D
trus apa perbedaannya yg express dg yg lainnya mas?, apakah express tersebut sama halnya dg yg versi tiral?..
terima kasih ya mas, maaf merepotkan!.

khozin said...

Assalamu'alaikum..maaf klo salah tempat buat tanya,bingung.. saya udah coba tutorial yg step by stepnya,tutorial pertama,yang buat splash screen,tapi koq gak bisa ya?mau tanya juga,di formnya pake timer,klo di VB 6.0 kan timernya diaktifin waktu form load,nah klo vb.net gimana?

Junindar, MVP VB said...

kayak gitu juga bisa kok mas... :) dari form_load

Arief Nik said...

Pagi mas, saya bingung memahami pada bagian #region "fill" pada DVDModule,

kira2 penjelasanya gimana yah mas ? magsudnya cara kerjanya bagaimana bukan di pakai buat apa...

Thanks

Junindar, MVP VB said...

Mas, untuk mengerti code nya... bisa dengan men-trace code nya...

Arief Nik said...

Ok sudah saya coba, kalo misal dengan cara langsung search( tidak pakai sub fill) gimana mas ? mungkin dari contoh itu sedikit lebih mudah untuk saya pahami :D contohnya gimana mas?

terima kasih banyak
Arief

Arief Nik said...

VS2010 Tidak include Crystal Report ya mas ? saya sudah instal produc dari SAP cuma belum bisa di pakai sampai saat ini. ada solusi ?

Thanks

Junindar, MVP VB said...

Iya CR untuk VS 2010 masih versi beta...
tapi bisa di pake kok...
sy download disini http://www.businessobjects.com/jump/xi/crvs2010/default.asp

Arief Nik said...

Ia sama mas saya juga dl di situ, tapi kok punyaku engak bisa di pakai yah ? munculnya salah satunya seperti ini :

Warning 1 The referenced assembly "CrystalDecisions.Shared, Version=14.0.2000.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=692fbea5521e1304, processorArchitecture=MSIL" could not be resolved because it has a dependency on "System.Web, Version=4.0.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=b03f5f7f11d50a3a" which is not in the currently targeted framework ".NETFramework,Version=v4.0,Profile=Client". Please remove references to assemblies not in the targeted framework or consider retargeting your project. Belajar VB10

Kenapa yah ?

thanks

Junindar, MVP VB said...

pada project nya .. framework di turunkan ke 3.5..

Arief Nik said...

Waduh kalo project sudah jadi gimana mas masih bisa di turunin engak frameworknya ? kalo bisa settingnya dimana yah ?

soalnya tutor yang aku dapet nuruninnya pada saat create project baru.

Thanks

Junindar, MVP VB said...

saya belum ngulik lagi gmana cara jalan di .net 4.0
coba ini
Project >Nama Project properties
Lalu pilih Compile , tekan button Advanced Compile options.
Lalu pilih .net framework 3.5, pada dropdown liast target framework (all configuration)
Selamat mencoba.. :)

Anonymous said...

pa untuk donlot ebooknya gimana...saya udah bikin account tapi gagal terus.

Junindar, MVP VB said...

coba donwload disini
ini untuk source code (project)
http://www.mediafire.com/file/mai0fmnjzyj/DVD%20Rental.zip

Ini untuk pdf nya
http://www.mediafire.com/file/1ztj5wwz5yi/Membuat%20Aplikasi%20Interaktif%20dengan%20VB%202010%20dan%20Access%202010.pdf

Anonymous said...

Pa terima kasih udah ke donlot...satu lagi Pa saya mau tanya untuk ebook vb6 dan mysql untuk aplikasi inventory atau apa aja ada ngga Pa.

syamsul said...

Keren, keren,,, kereeeeem,,
terus berkarya Bang Jun..
Thanks very much

fadli87 said...

ko source codenya dah ga da bang jun..
Teruz waktu design F_Main SplitContainer ga da sytleny,,,properti panel ga da text yang bisa diganti ma ''TRANSACTION'' ma ''DVD''

Junindar, MVP VB said...

g bisa download??? emang error nya apa??

Anonymous said...

hebat bang ebook nya sgt membantu buat kita yg belajar, bang klo bikin report pake SAP crystal reports visual studio 2010 di visual basic 2010 gimana?.... klo ada contohnya tolong infokan ke enggang_doni@yahoo.co.id
makasih banyak bang...

Junindar, MVP VB said...

tinggal download Cr untuk VS 2010..

Anonymous said...

punya saya Office 07, jd ngak bisa..
Ada yang bisa bantu..

Tutrialnya sangat bermanfaat, mumpung bulan puasa semoga tambah banyak pahalanya.

Junindar, MVP VB said...

bisa kok... :) :) ikutin aja petunjuknya

asalcobacoba said...

bang jun... saya buat aplikasi kecil untuk coba crystal report SP1 untuk VB2010 berjalan dengan lancar, akan tetapi setelah saya deploy dan install ke clien ada pesan error :
EvenType:clr20r3 P1: crtest.exe P2: 1.0.0.0 P3:4ec24ebc P4:crtest P5:1.0.0.0 P6:4ec24ebc P7:3a P8:32 P9:system.invaidoperationexception

menurut bang jun apa yang menyebabkan error tersebut?

Larhot said...

Mas,, sya udh beli bukunya...
Komentar saya mantap mas untuk pemula sperti sya.. Walaupun sya kul bkn jur IT..

Mau nanya mas, Sya coba buat program sendiri cm ada mslh dgn reportnx,,
1. Untuk chart ; system.windows.form.datacharting. nya error mas..
2. Trus ada untuk report muncul can't load crdb_adoplus.dll

dedy said...

makasih mas jun atas ilmunya, mas jun tolong banget dijelasin proses pembuatan applikasi vb 2010 dengan crystal reportnya. thanks

dedy

Junindar, MVP VB said...

@Larhot : bisa kirimkan detail error nya??
@dedy : sudah di jelasin pada buku saya..

dedy said...

ass. makasih mas atas jawabanya ,akhirnya dapat juga bukunya. maaf mas ada pertanyaan ni setelah baca bukunya, di buku halaman terakhir(page 198) :

membuat sebuah file installer yg diperlukan adalah instal framework3.5 dan cr2008 redistributeable di komputer yg akan diinstal.

-> yg saya tanyakan :
1. kok cr2008 bukannya cr2010 ?
2. trus yg versi cr2008 redistributeable nya dan framework3.5 otomatis ke instal di komputer user atau kita sertain terpisah tuk instal manual, tolong dijelasin mas?
3. cr2008 redistributeable nya link downloadnya dimana mas?

makasih sebelumnya mas atas ilmu dan jawabanya.

dedy

andi said...

mas cara nge downloadnya bgaimna ya?saya qo ga bisa sign in mulu,, tolong ajarin caranya dunk.. trmakasih

choirul aneh said...

mas sy mau donlod ebook nya harus register dulu di geeks portal ya,
tapi sayang nya saya udah register tp masih blm di approve... apakah geeks adl portal berbayar?

fardhan said...

@choirul: iya saya juga udah register di geeks portal trus sama saya juga udah register dan sampai sekarang masih blum juga di approve... knp ya??

Junindar, MVP VB said...

ntr saya info ke admin nya.
thanks atas informasinya

fardhan said...

Blsnya seperti ini mulu:Your user account has been successfully created. You will shortly receive an email containing a temporary password you can use to login.
padahal saya dah daftar nya dah lama..

fardhan said...

maaf blsnya seperti ini bang slalu ga bisa mulu: The username and/or password cannot be validated, or your account is locked out or has not been approved yet.

fardhan said...

maaf blsnya seperti ini bang slalu ga bisa mulu: The username and/or password cannot be validated, or your account is locked out or has not been approved yet.

Junindar, MVP VB said...

username nya apa??

Anonymous said...

user name nya: fardhan
bang..

payjho said...

bang junindar TOP B.G.T dah, tengs ebook + artikel2ny yg keren sangat !!

siezhien said...

iya bang, sama nih gag isa login.. dah lama juga nunggu balasan email, tp ag pernah nungul..

kalo bisa di share ke t4 lain bang.. makasih..
lagi butuh bgt nh...

Revolution said...

Bang... saya sudah pake SAP Crystal Report nya, tp Database Access 2007 nya gak ke baca di crystal report...

bantuin dong bang... tutorial bikin Crystal Report di Visual Studio 2010.

kirim ke email yah bang...

aktivis2007@gmail.com

terimakasih

boedipriyanto said...

mas,, mohon bantuannya donx.
koq saya buat akun di http://netindonesia.net.
ga pernah bisa yaaa...
mohon bantuanny

Anonymous said...

mas jun,saya mau donload ebooknya tapi gag pernah bisa,soalnya email registernya gag kunjung datang,apa sudah non aktif site nya,trimakasih

nb:kalow ada link yang lain gan :D

Ferry Yusrizal said...

Terima kasih banyak y mas junindar!
sukses selalu...

Oman said...

Bang
Ko aku g bisa2 download yah..,
selalu suruh register..tus aku register tapi ko ga bisa2 login...?

Junindar, MVP VB said...

http://www.mediafire.com/view/?1ztj5wwz5yi - EBOOK
http://www.mediafire.com/download.php?mai0fmnjzyj - Source code

silahkan download

iDan Share said...

bang saya mau tanya nih, kan saya ikutin tutorialnya, tapi pas di coba login muncul pesan begini "Could not find Installable ISAM", mohon pencerahannya...

Heru Firmansyah said...

Bang...
Link Download untuk Source code nya di blok...
bisa kasih solusi gak.?

saya lagi butuh panduan VB 2010,
email saya heru1789@gmail.com

saya ucapkan trima kasih kalau bisa mmbantu...

Andro Crash said...

Slamat malam mas junindar... gini saya sudah daftar di http://netindonesia.net, tetapi saya belum juga dapat email masuknya mas.. bisa dibantu ga mas,

nama : andro crash
email: andro.crash11@gmail.com

Makasih banyak sebelumnya mas..

Syderbit182 said...

VB.NET 2010 + Crystal Report XII
sangat besar file hasil deploy nya, mungkin mas junindar ada solusi selain cr xii.

Syderbit182 said...

VB.NET 2010 + Crystal Report XII
file hasil deploy nya sangat besar sekali, mungkin mas junindar ada solusi?


Trim's

Anonymous said...

mas jun, saya udah bca tutorialx mas jun, trus cara buat reportx gmn ?? thank's

e_mail: tamtamjarot33@gmail.com

santo said...

mas jun,saya ada kendala ketika ikutin tutornya.pas pada pembuatan akses role untuk user.ketika saya sudah buat method PopulateRoleDetails().dan setelah dibuat method tsb saya masukkan ke form main load.tapi ketika program dijalankan muncul exception "specified argument was out of the range of valid values.Parameter name:index".mohon pencerahannya mas thanks

Junindar, MVP VB said...

code nya sperti apa??udh download project nya??coba bandingkan sama yg punya kamu

ds handaru said...

mas Juni.... itu source codenya gk bisa di DL yg dari MediaFire..

kalo yg dari http://netindonesia.net register gk dapat respon email mas.. bisa dibantu mas....

User : dsand
email : ds.and.mail@gmail.com

thank's

Junindar, MVP VB said...

saya belum sempat untuk menyusun file2 nya lagi mas..nanti akan saya perbaiki..

Anonymous said...

Mas junindar, mas masih ad jual buku nya ndak ya? Saya butuh report nya mas. Terima kasih.

Anonymous said...

Mas junindar, bukunya masih ad dijual g ya? Saya cari di gramedia g ada soal nya. Saya butuh bikin reportnya mas. Tolong y mas. Kalau bisa di emailkan mas. Andokohendrayanto@yahoo.com. Terima kasih banyak.

Anonymous said...

B,bantu saya dunk dmn bs download vb2010...kebetulan sy lagi nyusun TA

Anonymous said...

Mas heru...sy mau la soft vb2010 nya...mhn bantuannya...kebetulan sy lagi nyusun TA.berulang download gagal mulu.ne email nya rahmika_03@yahoo.co.id

jls solin said...

Thank"s banget gan, Artikel yang sangat membantu,
tapi mo tanya ni gan, kok di VB,NET 2008 kagak ngangkat EA? kagak bisa di buka

Yudhi Setiawan said...

mas, bisa dikirim ke email saya tidak? di yudhisetiawann@gmail.com lagi butuh pelajaran visual studio nih.

andy said...

thank a lot
ijin download mz Junn

andy said...
This comment has been removed by the author.
pratama ahyar said...

Mas tolong dong kirim source code projectnya via e-mail, ini alamatnya: pratama.ahyar@gmail.com

pratama ahyar said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Ridwan said...

mas yang source codenya ga bisa di download.... bisa kirim via email ga mas... btuh baget bwt belajar...

makasih
email: m.ridwancheng@gmail.com

Junindar, MVP VB said...

untuk semua source code saya bisa di download disini..
http://sdrv.ms/1kryok3

Denny Nissan said...

Permisi mas mau tanya, kenapa ya saya mau create new report ga bisa, keluar pesan "The system cannot find the file specfied.(Exception from HRESULT: 0x80070002). Mohon bantuannya mas

tq

Anonymous said...

mas passsw login nya apa ya aplikasi dvd.. saya mau debug..

tri fitriadi said...

mas kenapa ebooknya g bisa di download ya?

Junindar, MVP VB said...

sudah saya kasih alternatif link

Free Script Nulled said...

Mantap bang tutornya (y)